Selamat Tahun Baru Islam 1438 H

1 Oct 2016

Tahun Baru Islam 1438 H jatuh pada tanggal 2 Oktober 2016. Biasanya diperingati dengan berbagai kegiatan, Pawai Obor, Pengajian, dan Doa bersama tutup tahun dan membuka tahun yang baru.

Tahun Baru Hijriah ini identik dengan Hijarhnya nabi Muhammad SAW. dari Mekah ke Madinah. Hijrahnya Nabi sangat besar artinya dalam sejarah perkembangan da’wah Islamiyah. Karena setelah Nabi Muhammad hijrah ke Madinah, da’wah Islam mulai mencapai kejayaannya yang gemilang. Kalau sebelum hijrah ummat Islam adalah golongan yang ditindas dan disiksa oleh kaum Musyrikin, maka setelah Nabi hijrah kaum muslimin telah mempunyai kedudukan yang kuat dan telah terbentuk sebuah negara Islam yang memiliki peraturan, pimpinan serta undang-undang tersendiri. Oleh karena itu diharapkan peristiwa hijrah akan dikenang oleh umat Islam pada tiap-tiap tahun bagaimana perjuangan yang gigih dan pengorbanan tenaga dan jiwa raga Nabi serta para sahabatnya dalam meneggakkan Islam. Disamping itu hijrah Nabi juga menunjukkan bahwa Allah memisahkan dan membedakan antara yang haq dan yang bathil, membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Momentum tahun baru ini adalah tahun mengingat apa yang sudah terjadi di tahun sebelumnya dan menjadikan pelajaran untuk melangkah di tahun baru dengan belajar dari kesalahan-kesalahan yang kita perbuat di tahun yang lalu.

Semoga kita menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik di tahun yang baru ini.


TAGS tahun baru islam tahun baru hijriyah doa tutp tahun dan awal tahun


-

Author

Follow Me