Mendengarkan itu penting…

1 Dec 2014

belajar_mendengar

Mendengarkan sangat berarti untuk kehidupan kita karena dengan mendengar berarti mendapat inputan, semakin banyak inputan lalu di proses maka outputpun akan lebih berkualitas,

Selain itu mendengarkan juga memberi efek psikologis untuk yang berbicara, mereka akan merasa lebih dihargai dibanding ketika orang lain bicara kita sanggah terus pembicaraan tersebut.

Mungkin ada hubungannya juga dengan pepatah “diam itu emas”, kan jauh?memangnya tidak bisa disambungkan antara mendengar dengan sikap diam?

Nah itu hubungannya dengan mendengar kita belajar untuk diam dan fokus mendengarkan lawan bicaran kita agar kita mendapatkan inputan lalu kita cerna (proses) dan ambil yang penting untuk kita amalkan (output) maka semakin banyak diam dalam mendengarkan dan menerima masukan semakin emas outputnya. nyambung kan?

Oia coba bandingkan dengan orang yang kerjanya ngomong terus tapi tak mau mendengarkan orang, merasa paling benar karena inputan yang dia dapat memang sedikit, jadi outputnya pun sedikit.disitulah pepatah “tong kosong nyaring bunyinya” hehehe.

Mendengarkan juga sangat bagus untuk menyelesaikan masalah, dengan mendengarkan kita bisa memahami masalah yang ada, atau mungkin perkembangan yang terjadi sehingga kita dapat menemukan solusi terbaik dari permasalahan yang ada.

Dan menyoal urusan curhat kenapa orang lebih suka didengarkan daripada dinasehati?

karena dengan mendengarkannya, artinya dia telah mennyalurkan separuh beban yang ditanggungnya kepada orang lain sehingga beban yang ditanggungnya tidak terlalu berat, walaupun dia tau orang itu tidak harus melakukan apa-apa yang penting bagi si pencurhat dia berhasil membebaskan dirinya dari masalah-masalah yang selama ini dipendam dan ditanggungnya sendiri. bahkan ada rasa tenang sekali lagi walaupun orang itu tidak melakukan apa-apa dibanding saat kita mencurahkan masalah kita ke orang lain tetapi malah diceramahi dan dinasehati seperti orang yang bersalah.

untuk itu yuk belajar mendengarkan :)


TAGS belajar mendengar mendengarkan


-

Author

Follow Me